Menkominfo Rudiantara Jelaskan Makna Sumpah Pemuda --- Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga: Banyak Koperasi Tidak Aktif --- Penurunan Angka Kemiskinan Jadi PR Menko PMK --- Rachmat Gobel Targetkan Bangun 5.000 Pasar

Nusantara

Bangun Dunia Kesehatan Melalui Kerjasama Lintas Sektoral

Pelalawan, InfoPublik  –  Perlu  penataan kembali dalam dunia kesehatan, salah satunya  perlunya dibangun kerjasama antar berbagai leading sektoral dan dukungan dari berbagai pihak dalam menangani berbagai persoalan kesehatan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Dr Endid R Pratiknyo, Ahad  (15/12), di Pangkalan Kerinci. Menurut Endid, dengan adanya kerjasama lintas sektoral ini, penanganan persoalan kesehatan di daerah ini akan bisa lebih maksimal dan tepat sasaran.

"Dengan berpegang prinsip kesehatan,  yakni mencegah lebih baik daripada mengobati. Tentunya itu yang ingin kita terapkan bekerjasama dengan lintas instansi yang ada di daerah ini," ungkapnya.

Mantan Dirut RSUD Selasih Pangkalan Kerinci ini menjelaskan, kerjasama ini bentuknya adalah dengan menangani suatu persoalan kesehatan bersama-sama. Seperti penanganan gizi buruk, maka leading sektoral yang harus bekerjasama adalah Dinas Badan Ketahanan Pangan (BKP), PKK Pelalawan, Puskesmas dan Kecamatan.

Kemudian penanganan penyakit masyarakat seperti HIV/AIDS, DBD, Filariasis atau penyakit kaki gajah, maka leading sektor yang harus dilibatkan yakni Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pelalawan, Dinas Sosial, organisasi-organisasi keagamaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) yang peduli akan hal ini.

"Jika kita menangani anak-anak usia dini, maka jelas harus bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pelalawan, Kemenag, sekolah-sekolah, Komite dan UPTD. Lalu untuk menangani kebersihan lingkungan yang berkaitan dnegan perilaku masyarakat, maka kita harus ciptakan kerjasama dengan Pekerjaan Umum Pelalawan," jelasnya.

Dengan adanya penanganan masalah kesehatan yang ditanggulangi bersama, sambungnya, maka hasil yang diharapkan pun akan maksimal. Namun tetap saja, dalam kerjasama berbagai leading sektoral itu, maka Dinas Kesehatan yang mengkoordinasikannya. Sehingga dengan begitu, setiap instansi akan terlibat dalam penanganan masalahkesehatan di daerah ini.

"Intinya, kita ajak masyarakat bersama instansi yang terkait untuk menyadari batapa pentingnya menjaga kesehatan," tegasnya.

Ketika disinggung soal kerjasama selama ini dengan instansi-instansi terkait seperti yang dipaparkan di atas, Endid mengatakan, bahwa selama ini koordinasi sudah berjalan tapi belum maksimal.

"Jadi yang kita harapkan ke depannya adalah adanya kerjasama antara berbagai leading sektoral atau instansi yang ada di sini dalam menangani suatu persoalan kesehatan," ujarnya.

Kadiskes menambahkan, selain itu diharapkan dengan adanya kerjasama antar berbagai leading sektor ini, maka ke depannya Pemkab Pelalawan akan mampu mengubah paradigma masyarakat dalam kesehatan.

" Artinya, jangan berobat dulu ketika penyakit sudah timbul, tapi sama-sama mencegah penyakit itu sebelum muncul," tutupnya.(MC Riau/Iin/Kus)

Polling

Bagaimana pendapat Anda atas informasi yang kami berikan melalui website ini?